Sejarah Dangdut Koplo New Pallapa

 

New Pallapa

Siapa yang tak kenal dengan New Pallapa, orkes asal Jawa Timur yang khas dengan permainan kendang nan estetik Cak Met, serta biduan berkelas yang bisa membuat pendengarnya berjoget pulas. Bagaimana sejarah berdirinya grup tersebut?

Berikut adalah sejarah singkat asal-usul terbentuknya New Pallapa, grup dangdut yang menjadi barometer dunia perkoploan Indonesia.

Dulunya, New Pallapa adalah Om Pallapa. Didirikan pada tahun 1998 di Kota Sidoarjo, Jawa Timur oleh Totok Ispiranto dan Istrinya, Juana Sari.

Pada masa tersebut, Om Pallapa terkenal di provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun, layaknya lagu dangdud yang penuh cengkok, perjalanan Om Pallapa juga meliuk-liuk. Sejarah terbentuknya New Pallapa dimalai dari kisah ini.


Om Pallapa sempat terhenti karena perselingkuhan Pimpinan Juana Sari (Istri Totok) dan Personil Kendang kempul yang akrab disebut Cak Slamet. Hal itu berakhir dengan perceraian antara Totok dan Juana Sari. Totokpun meninggalkan karirnya sebagai pimpinan Om Pallapa dan pergi ke Jakarta.

Tahun 2004, Cak Met menikah dengan Juana Sari (Mantan Istri Totok). Juana pun mendirikan Orkes baru yang bernama Om New Pallapa yang dipimpin sendiri oleh Juana Sari yang sekarang lebih dikenal dengan nama Juana Aurora.

Nama New Pallapa dipilih karena pemain inti tidak berubah sama sekali. Akhirnya New Pallapa berdiri dengan formasi sebagai berikut; Cak Slamet (Kendang), Sodik (Gitaris), Nono (Gitaris), Solik (Suling), keybord dan kecrek juga masih sama dengan Om Pallapa.

Pada pertengahan jalan, terjadi Konflik baru yang mengakibatkan Sodik dan Nono hengkang dan gabung dengan Group OM Monata. 


New Pallapa terus berkembang dan namanya semakin nyaring didengar di kalangan pecinta dandut, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kunyit Putih

Karakteristik kunyit putih sedikit berbeda dengan kunyit orange. Tekstur daging nya sedikit lunak dan rasa nya cenderung mirip dengan jahe, ...