Cerita Singkat OM Monata

 


Cak Sodiq 

Teka-teka grup musik dangdut Monata pecah terjawab sudah. Itu setelah Cak Sodiq Monata, sang vokalis rambut gimbal, keluar dari Monata dan membikin grup sendiri. Namanya New Monata.

"Terakhir kami main dalam formasi utuh, tanggal 17 September 2018 di Subang, Jabar. Sepulangnya, masing-masing pamit lewat SMS, show berikutnya yang tampil sudah penggantinya," ujar Gatot Hariyanto, manager Monata, kepada DJ TIMES Indonsia, saat ngobrol sambil ngopi di warung di seberang Lapangan Kebon Agung, Kec Puri, Kab Mojokerto, Sabtu (20/10/2019) sore tadi saat  ngobrol itu, Monata checksound di panggung dengan formasi baru. Mereka malam ini (20/10/2018) konser "Pesta Heeppii 76" yang digelar DMR Production Surabaya, disponsori Djarum 76.

Monata manggung di Mojokerto tanpa Cak Sodiq

Siapa saja yang fix keluar dari Monata? Menurut Gatot, empat personel resmi hengkang dari Monata. Ketiganya adalah Sodiq (vokal/gitar), Nono (gitar), Slamet (suling), dan Juri (kendang).

Sedang tiga personel lainnya, Robi (kibor), Toni (bas) dan Hanafi (tamborin), memilih meneruskan dinasti OM Monata bareng Gatot.   Gatot adalah pendiri Monata bareng Sodiq dan Nono pada tahun 1996 silam. Setelah itu, personel lainnya, satu persatu merapat.

Sodiq Cs kabarnya mendirikan New Monata. Sabtu (20/10) malam ini "alumni anak asuh  Gatot" itu tampil terpecah di tiga tempat. Yakni OM Monata bersama Djarum 76 di Mojokerto, Cak Sodiq dan Rena KDI live sebuah TV nasional dari Alun-alun Sidoarjo, sedang New Monata tampil di Lapangan TNI di Probolinggo.

Cak Sodiq memilih tampil di Sidoarjo

Apa penyebab utama Monata pecah? Gatot enggan menjelaskan. Namun sebagai manager, ia mengaku sudah melakukan pendekatan persuasif sebelum benar-benar pecah.

"Saya datangi ke rumahnya masing-masing, onok opo Rek kok podo metu, kene kan wis gumbul 23 tahun," ujarnya.

Namun, apa boleh buat, keputusan sudah bulat. Setelah 23 tahun ngorkes bareng, akhirnya Monata benar-benar pecah. Orkes melayu dengan ciri khas dangdut koplo jdi dua nama. Monata pimpinan Gatot dan New Monata yang digawangi Cak Sodiq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kunyit Putih

Karakteristik kunyit putih sedikit berbeda dengan kunyit orange. Tekstur daging nya sedikit lunak dan rasa nya cenderung mirip dengan jahe, ...